sidanu bagus terbaik berkualitas

Merchant Adalah Penyedia Produk Mirip Suplier

Apakah arti merchant itu ? Merchant adalah istilah lain yang merujuk pada toko,vendor, suplier dan partner dalam marketplace online, Arti merchant lebih lengkap baca ulasan disini.

Merchant adalah penjual barang/jasa yang memiliki bentuk usaha (physical store) maupun online store yang bekerjasama dengan Bank dalam penyediaan layanan penerimaan pembayaran via e-money bank yang bersangkutan. Merchant dibagi menjadi dua yaitu merchant perorangan dan merchant berbadan hukum.

Merchant perorangan adalah merchant milik perorangan tanpa berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum. Sedangkan merchant berbadan hukum adalah merchant yang didirikan berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum yang berlaku. Setelah perorangan atau badan usaha mendaftar sebagai merchant, maka selanjutnya mereka akan memperoleh ID merchant.

Cara Kerja Merchant

Secara Umum cara kerja Merchant seperti biasanya yaitu melayani para konsumennya dengan aturan sistem menurut Bank yang telah menerapkan aturannya kepada Merchant tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan calon Merchant adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai mitra dengan data-data yang diperlukan secara benar, data ini secara otomatis akan tersimpan di database perusahaan sebagai ID pengenal bahwa Merchant tersebut telah resmi melakukan kerjasama dengan terlebih dahulu menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di Perusahaan.

Langkah kedua setelah proses pendaftaran selesai, maka Merchant sekarang telah mempunyai virtual office yang berfungsi sebagai mediator dalam penerimaan transaksi Diskon Virtual dan Mata Uang Virtual yang akan ditransfer oleh calon pembeli.

Dalam hal ini kecepatan maupun identitas dari pihak si pembeli akan mudah dikenali oleh Merchant karena dalam proses terjadinya transaksi tersebut antara pihak pembeli dan Merchant sudah mengetahui berapa nominal diskon virtual maupun mata uang virtual yang akan ditransfer ke virtual office Merchant tersebut.

Langkah ketiga setelah terjadinya proses transaksi tersebut seperti biasanya Merchant langsung mengirimkan produk yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak baik dari bentuk produk, jumlah maupun biaya pengirimannya.

Produk yang Dijual Merchant

1. Produk Informasi

Produk informasi bisa berupa software, e-book, video, mp3. Di internet ada banyak merchant yang men-spesialisasikan kegiatan mereka dalam memproduksi produk informasi. Dan biasanya mereka juga bergabung dengan affiliasi network khusus untuk produk informasi.

2. Produk Fisik

Produk fisik bisa berupa, buku, alat-alat keperluan rumah tangga, kendaraan, dan lain-lain. Jika Anda berniat untuk menjadi seorang affiliate untuk produk fisik, Anda bisa bergabung ke affiliate network seperti Amazon.com, eBay, dan lain-lain.

Dari semua jenis produk yang ada, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam memasarkannya.
Ada produk yang tidak perlu dilihat secara langsung terlebih dahulu oleh konsumen.

Mereka biasanya sudah tahu bentuk (format) produk yang akan dibeli. Misal, membeli cd, software, ebook dan sejenisnya. Selain itu, ada juga produk yang mengharuskan Anda untuk menyentuhnya terlebih dahulu sebelum membeli. Ini sebagian dibutuhkan saat Anda menjual produk-produk fisik.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang Merchant. Saat Anda menjadi seorang Merchant, maka Anda dapat mengembangkan usaha tersebut melalui toko online.

Sebelum Membangun Merchant Bisa Hindari Kesalahan Penting Dibawah Ini

Seiring meningkatnya pertumbuhan belanja mobile online yang mencapai lebih dari 50%, itu jelas menunjukkan bahwa tren merchant terus tumbuh dan semakin besar.

Penggunaan perangkat mobile untuk belanja online tumbuh lebih pesat daripada yang dilakukan ecommerce. Karena alasan itu, banyak yang melakukan kesalahan atau memiliki pemahaman yang keliru tentang mobile commerce. Kesalahan ini dapat menyebabkan kegagalan pada merchant.

Mungkin Anda sendiri tidak sadar jika membuat kesalahan. Ada waktu untuk memperbaiki masalah, tapi pertama-tama Anda harus tahu apa masalahnya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang dilakukan merchant dengan merchant.

1. Memiliki banyak waktu
Oke, memang masih ada waktu untuk memperbaiki masalah, dan itu benar. Tapi tidak ada waktu lagi untuk optimasi mobile. Mungkin Anda tidak mengerti bagaimana merchant bekerja secara keseluruhan, dan Anda tidak sendirian.

Hanya karena Anda tidak mengerti mobile commerce bukan berarti Anda bisa terus menundanya. Hanya karena pembeli Anda masih melakukan pembelian dengan cara-cara tradisional atau bahkan mungkin melalui website, bukan berarti mereka tidak akan hilang pada versi mobile dari situs Anda.

Anda bisa kapan saja kehilangan momen mendapatkan atau mempertahankan pelanggan jika tidak memahami merchant. Jadi, ketika Anda mengatakan punya banyak waktu, jangan hanya diam dan menunggu, tetapi segeralah bertindak.

2. Hanya anak muda yang belanja menggunakan perangkat mobile
Cukup masuk akal jika menganggap bahwa hanya anak-anak muda yang mengadopsi tren merchant, tapi itu adalah salah satu anggapan yang keliru. Faktanya, sekitar seperempat dari pembeli mobile berusia diatas 55 tahun.

Apakah Anda akan menolak penjualan hingga 25% dari pembeli yang paling loyal? Anda mungkin akan melakukan hal itu jika menganggap mereka tidak ingin opsi merchant online.

Terlepas dari target usia bisnis Anda, sebuah solusi mobile commerce atau merchant adalah sangat penting. Ya, anak muda atau remaja memang lebih mungkin untuk melakukan pembelian mobile.

Oleh karena itu, Anda memerlukan sebuah situs yang mobile-friendly, tapi itu bukan satu-satunya. Menganggap bahwa pembeli yang lebih tua tidak memerlukan situs mobile friendly adalah sebuah asumsi yang berbahaya.

3. Merchant dan Ecommerce adalah sama
Anggapan keliru lainnya adalah menganggap bahwa mobile commerce dan ecommerce adalah hal yang sama.

Jika Anda tidak melihat mobile commerce sebagai saluran yang layak untuk pembeli, maka Anda tidak memiliki pertimbangan untuk kebutuhan navigasi website mobile, kebutuhan fungsional website dan pilihan pembayaran, atau penyajian informasi dan produk pada versi mobile dari situs Anda.

Lebih buruk lagi, Anda mungkin memiliki “orang mobile” dan “orang ecommerce” yang terpisah ketika mereka harus bekerja sama untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pembeli.

Belanja mobile harus menjadi bagian penting dari bisnis Anda, terlepas dari apapun bisnis Anda apakah online, toko fisik, atau keduanya. Pemasaran mobile dan pembelian merupakan bagian penting dari pengambilan keputusan pembeli. Sudah siapkah Anda mengoptimalkan situs Anda untuk pengguna mobile?

Tingkatkan Pemahaman Anda Terhadap Merchant

Online merchant biasa bekerja secara individu atau tim kecil, terutama masih dalam perintisan. Namun, merchant dapat menemukan bantuan dari rekan-rekannya di forum online.

Berikut merupakan daftar forum yang dapat membantu online merchant. Ada forum e-commerce dan forum bisnis teknologi kecil dengan kategori untuk online merchant. Sebagian forum sangat bebas, meskipun ada beberapa kelompok swasta yang menawarkan tambahan.

  1. Forum SitePoint

Situs komunitas untuk SitePoint, konten platform dengan tutorial, artikel dan kursus develop, desainer, programmer, freelancer, dan pemilik situs. Forum ini memiliki berbagai macam board untuk pemrogaman dan develop. Ada juga board untuk topik lain termasuk sosial media, konten, bisnis, marketing, dan bahkan sebuah karya untuk proyek.

  1. Forum Komunitas BigCommerce

Memiliki forum untuk pertanyaan, marketing, dan ide. Forum tersebut sering berbagi tips dan trik atau mendiskusikan pelajaran dengan seri video. Desain dan custome memiliki lebih dari 50.000 posting dan menyesuaikan penggunaan HTML, JavaScript, dan CSS.

  1. Forum PrestaShop

Mempertahankan komitmen untuk evolusi sebagai platform open source, secara aktif juga mempromosikan forum masyarakat, terjemahan bahasa, dan proyek GitHub. Forum ini juga memiliki board untuk berbagi bahasa, termasuk bahasa prancis, spanyol, italia, jerman, polandia, Vietnam, dan rusia. Forum ini sudah memiliki postingan lebih dari 2 juta.

  1. Forum Web Retailer

Situs pendidikan untuk online merchant. Ada 16.000 anggota yang memberikan wawacara dengan penjualan, penelitian, statistika, panduan jual-beli online, dan masih banyak lagi. Forum ini membuka peluang untuk supplier, asalkan mereka menyatakan hubungan industry. Anggota akan menerima email dari mayarakat pada topik baru dan bahkan meminta sebuah ide.

  1. E-commerceFuel

Komunitas e-commerce premium dari blog Andrew Youderian. Hal ini untuk memastikan bahwa diskusi terkait dengan wawasan dan koneksi penuh. Anggota harus memiliki pengalaman minimal 1 tahun dalam bekerja dengan pendapatan 250.000$ per tahun. Dalam sebuah kebijakannya anggota baru yang terpasang dalam iklan harus rutin untuk bertemu dengan masyarakat.

  1. Forum WordPress

Kamu akan menemukan banyak diskusi dan jawaban di toko WordPress.org. ada coard atas instalasi, introduce dan pemecahan masalah, mekanik multisite, ulasan, dan banyak lagi. Board Plugins & Hack memiliki 3 juta posting. Kamu juga dapat menemukan solusi di forum WordPress.com, terutama pada tema, dukungan, dan jawaban staff.

  1. Forum Warrior

Merupakan internet market, memiliki board untuk diskusi dalam jumlah besar dengan omptimize search engine, email marketing, sosial media, review produk, situs e-commerce, grosir, dan pengiriman drop. Forum ini memiliki lebih dari 8 juta posting dan 1 juta anggota, serta memiliki board premium seperti War Room yang biasa digunakan oleh internet marketer dan pengusaha.

  1. SEOChat

Sebuah komunitas yang didedikasikan untuk membantu pemula dan professional dalam meningkatkan optimize search engine dan pengetuan internet marketing. Forum ini memiliki board atas SEO, marketing sosial media, membayar iklan per-klik, Hangout, dan topik marketing internet lainnya. Ada juga panduan bagi anggota untuk berbagi pengalaman mereka pada SEO tools yang terkenal. SEOChat memiliki lebih dari 200.000 anggota.

  1. Digital Point

Komunitas webmaster yang mencakup marketing yang besar untuk barang digital, termasuk situs, domain, template, script, dan plugin. Serta termasuk dalam search engine, bisnis & marketing, desain, develop, dan digital point. Ada juga jual beli board merchant untuk pesan marketing. Umumnya board chatting ini memiliki hampir 2 juta postingan. Forum ini juga menawarkan forum pribadi dengan keanggotaan premium

  1. Forum Bisnis Kecil

Forum bagi pengusaha yang berpengalaman atau tidak. Kategori board bisnis kecil adalah keuangan dan legal, marketing, websitemu, komunitas talk, dan forum bisnis. Forum ini memiliki lebih dari 21.000 anggota.