Cara membuat iklan di facebook gratis terbaru dengan pola rahasia , berlaku untuk semua jenis produk, membuat iklan di facebook secara gratis mulai dari sini.
Sekarang ini, sudah banyak para pebisnis yang beralih untuk melakukan pemasaran secara offline ke pemasaran secara online. Kebanyakan para pebisnis melakukan pemasaran online di sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak sosial media, saat ini yang banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis adalah Facebook. Facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Untuk beriklan menggunakan Facebook, Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu secara berbayar dan gratis.
Cara Beriklan Di Facebook Secara Gratis
Pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana untuk beriklan di Facebook secara gratis dan mudah. Anda bisa mencobanya untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Berikut adalah beberapa cara mudahnya:
- Log in ke account Facebook Anda
- Klik menu Application di kiri bawah Facebook Anda, kemudian klik find more dibagian kanan atasnya.
- Ketik marketplace pada kotak dihalaman kanan atas, lalu tekan ENTER.
- Klik aplikasi marketplace pada tampilan hasil searching application.
- Klik Go To Application (posisi disebelah kanan halaman).
- Tentukan Target Market Anda. Caranya, klik Location Setting, pilih Indonesia jika Anda hanya menjual untuk market indoensia.
- Pada menu atas tentukan pilihan iklan Anda :
– Sell it : Jika akan menjual barang atau jasa Anda
– Sell for a cause : Jual sesuatu dan menyumbangkannya (donasi)
– Give it Away: Memberikan sesuatu yang tidak Anda gunakan dan ingin diberikan sebagai hadiah untuk pelanggan
– Ask for it : meminta teman Anda untuk membantu menemukan sesuatu. - Contoh Anda memilih menu sell for a cause, lalu masukkan jenis barang atau jasa yang akan anda jual kemudian klik Post.
- Isi Detail product yang akan anda jual seperti alasan Anda menjualnya, berapa harganya, memilih kategori, dimana lokasinya, deskripsi produk, dan juga bisa mengupload gambar produknya.
- Setelah semua terisi, beri tanda check list (centang) pada Term of Use, lalu tekan tombol Submit jika muncul pemberitahuan dari Facebook bahwa listing Anda di-pending atau verifikasi, tekan saja tombol Continue lalu tulis seuatu yang akan ditampilakn di homepage teman Anda. Selanjutnya, tekan Publish. Kini iklan gratis Anda di Facebook sudah terpasang dan bisa dilihat oleh semua pengunjung.
Tips :
1. Jika Anda sudah pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, marketplace akan tampil di menu application di sudut kiri bawah halaman Facebook.
2. Untuk melihat semua iklan yang pernah Anda buat, klik menu My Listing pada halaman marketplace Anda.
3. Pada halaman My Listing, Anda dapat meng-edit atau menutup (close) iklan, jika barang sudah terjual atau sudah tidak diperjualbelikan.
Cara Lain Membuat Iklan Gratis di Facebook
Facebook adalah salah satu sosial media yang populer dan memiliki pengguna terbanyak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan promosi dan beriklan di Facebook.
Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa mengoptimalkan bisnisnya dan beriklan di Facebook untuk mendapatkan banyak pelanggan. Berikut beberapa cara mudah untuk membuat iklan di Facebook secara gratis.
- Membuat Fanpage
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam beriklan di Facebook secara gratis adalah dengan membuat fanpage. Mengapa demikian? Facebook memang menyediakan fitur fanpage ini khusus untuk pemilik bisnis supaya terpisah dengan akun facebook pribadi.
Tujuannya sangat manusiawi, supaya pengguna facebook yang lain tidak terganggu dengan akifitas bisnis Anda melalui facebook. Jadi hanya orang – orang yang tertarik dengan topik bisnis Anda yang akan terhubung dengan fanpage tersebut. Fanpage juga berfungsi sebagai list building raksasa. Selain itu, Anda dapat membuatnya tanpa dipungut biaya alias gratis.
- Melakukan Pengaturan Pada Fanpage
Setelah Fanpage selesai dibuat, Anda dapat memanfaatkan setiap fitur yang ada di dalamnya dan melakukan pengaturan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:
- Timeline
Buat gambar timeline yang menarik dan mampu mengundang pengunjung untuk menyukai atau mendaftarkan emailnya. Bila perlu, tambahkan tombol CTA (Call To Action).
- Foto Profil
Pasang foto profil yang sesuai dengan merk bisnis Anda. Perhatikan kualitas foto yang Anda gunakan. Foto yang berkualitas tinggi tentu dapat menarik perhatian lebih banyak.
- Tombol Daftar
Kini, Facebook menyediakan tombol sign up atau tombol daftar. Tombol ini bisa Anda arahkan ke link web eksternal. Manfaatkan tombol ini untuk membuat pengunjung memasukkan emailnya dan mengunjungi link website dari bisnis Anda.
- Cari Teman
Jika fanpage Anda sudah dilengkapi dengan konten yang bermanfaat sesuai bisnis, selanjutnya Anda perlu mencari target pengunjung. Untuk memudahkan mendapatkan pengunjung yang tertarget, Anda bisa membuka grup – grup atau fanpage dengan topik yang sama.
Gunakan kolom pencarian yang ada di facebook. Ketik kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan keyword general seperti : promosi, pasang iklan, jualan, bisnis, produk dan sebagainya.
Daftar orang-orang yang muncul adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap topik atau bisnis Anda. Merekalah pengguna Facebook yang potensial untuk dijadikan sebagai teman.
- Sering Berbagi
Ini merupakan langkah kunci untuk melakukan strategi pasang iklan gratis di Facebook, Anda harus banyak berbagi. Semakin banyak status atau konten Anda yang mampu menjangkau pengguna Facebook, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan penjualan produk atau transaksi bisnis sesuai yang diharapkan.
Untuk memulai langkah ini tentunya Anda harus memiliki konten yang menarik dan bermanfaat. Upload terlebih dahulu konten Anda di fanpage Facebook yang telah dibuat sebelumnya. Pilih salah satu konten atau status, kemudian klik ‘bagikan’.
Menjalankan bisnis secara online di sosial media pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah, bergantung niat dan strategi yang kita ambil untuk menjalankannya. Anda juga dapat menggunakan layanan pembuatan toko online untuk membantu Anda memulai.
Membuat Iklan Gratis di Facebook Marketplace
Facebook Marketplace, sejak pertama kali diluncurkan telah menjadi sebuah tempat jual beli yang cukup powerful. Apalagi sejak diperkenalkan ke publik Indonesia pada tahun 2018.
Sebagai negara pengguna Facebook terbesar ketiga di dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa kontribusi Facebook Marketplace pada ekonomi dalam negeri sangat besar. Dan karena agar jualan cepat laku, Anda harus tahu cara beriklan di Facebook Marketplace.
Ketika mengakses fitur Marketplace, Anda bisa melakukannya dari Facebook. Baik dari desktop ataupun aplikasi mobile. Jadi, jika Anda ingin merasakan bagaimana pengalaman jual beli menggunakan Facebook Marketplace, Anda dapat mengaksesnya dari semua platform tersebut. Kami akan mengenalkan pada Anda bagaimana cara beriklan di Facebook Marketplace. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.
Pengertian Facebook Marketplace
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara beriklan di Facebook Marketplace, terlebih dahulu Anda harus tahu, pengertian dari Facebook Marketplace. Facebook Marketplace adalah sebuah tempat untuk melakukan aktivitas jual beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook.
Karena bagaimanapun fitur ini terintegrasi dengan Facebook. Anda bisa menemukan fitur Marketplace di sebelah kiri atas halaman utama Facebook Anda.
Mengapa Facebook menyediakan fitur Marketplace? Ya, tak lain karena Facebook mempunyai tujuan agar penggunanya bisa dengan mudah mencari dan menemukan berbagai barang menarik yang dijual di Facebook.
Dengan fitur ini pengguna bisa langsung masuk ke marketplace secara langsung dari dalam Facebook. Tanpa harus mendownload aplikasi tambahan terlebih dahulu. Dan yang paling penting, tetap menggunakan akun Facebook sendiri.
Marketplace telah menjadi tempat yang nyaman bagi orang-orang untuk menemukan produk, menjual, dan membeli. Pengguna Facebook dapat menemukan barang datau produk yang mereka inginkan secara lebih spesifik dengan menggunakan filter. Filter yang dapat digunakan mencakup pemilihan berdasarkan lokasi, kategori, dan rentang harga.
Berikut adalah kategori yang ada pada Facebook Marketplace. Kategori tersebut antara lain:
- Kendaraan
- Sewa properti
- Alat perkantoran
- Alat musik
- Barang rumah tangga
- Peralatan elektronik
- Hiburan
- Hobi
- Iklan baris
- Peralatan outdoor
- Dan lain sebagainya
Mengapa harus beriklan di Facebook Marketplace?
Pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa Anda harus beriklan di Facebook Marketplace? Jawabannya adalah, Facebook Marketplace adalah tools marketing yang sangat penting saat ini. Terutama bagi siapapun yang ingin menjual produk, dengan menargetkan audiens tertentu.
Apalagi saat ini terdapat lebih dari 800 juta orang secara global yang menggunakan Facebook setiap bulannya. Baik untuk menjual ataupun membeli. Hali ini secara langsung memberikan kesempatan bagi para pebisnis online untuk mengedukasi calon pembeli tentang barang yang dijual, kepada orang yang memang benar-benar membutuhkan barang yang Anda jual tersebut.
Cara Beriklan di Facebook Marketplace
Ada sebuah pertanyaan menarik yang diutarakan oleh para pebisnis online sebelum memutuskan beriklan di Facebook Marketplace. “apakah perlu beriklan di Facebook?”
Jawaban kami adalah, “perlu!” Mengapa?
Karena dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis. Untuk beriklan menggunakan Facebook, Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu berbayar dan gratis. Bagaimana bisa beriklan gratis di Facebook?
Berikut ini adalah langkah-langkah cara beriklan di Facebook Marketplace:
Langkah pertama – login ke akun Facebook
Langkah pertama adalah login ke akun Facebook Anda. Masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia.
Langkah kedua – masuk ke halaman marketplace
Setelah berhasil masuk ke beranda, Anda bisa segera masuk ke halaman Marketplace. Arahkan kursor Anda ke sidebar sebelah kiri atas. Klik lihat lainnya, lalu klik “Marketplace”.
Langkah ketiga – buat tawaran baru
Setelah masuk ke halaman Marketplace, untuk membuat iklan pertama Anda, silakan klik “Buat Tawaran Baru”.
Langkah keempat – memilih jenis iklan
Kemudian, setelah berhasil masuk ke halaman “Buat Tawaran Baru”, Anda akan mendati tiga jenis iklan yang bisa dipilih. Antara lain “Barang”, “Kendaraan”, dan “Kontrakan”. Sebagai permisalan, silakan pilih iklan Jual Barang. Silakan klik “Barang Dijual”.
Langkah kelima – mengisi detail barang yan dijual
Lalu, Anda akan diminta untuk mengisi detail barang yang akan diiklankan. Detail informasi yang harus Anda isi antara lain Judul, Harga, Kategori, dan Keterangan. Ada juga detail opsional, yaitu Lokasi dan Ketersediaan. Jika semuanya telah terisi, Anda bisa menyimpan draftnya dulu, atau langsung klik “Selanjutnya.
Langkah keenam – menerbitkan iklan
Setelah semuanya siap, Anda akan diarahkan ke halaman pratinjau. Hal ini penting untuk melihat apakah detail yang Anda masukkan, telah sesuai dengan keinginan. Jika semua semua dirasa telah siap, klik “Terbitkan”. Sebagai catatan, iklan Anda tidak akan langsung terbit, melainkan akan ditinjau terlebih dahulu oleh tim Facebook.
Ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan. Pertama, unutk melihat semua iklan yang pernah dibuat, Anda bisa melihatnya di menu “Penawaran Saya” di halaman Marketplace. Kedua, di menu “Penawaran Saya”, Anda bisa mengedit iklan yang ada atau menutup iklan jika barang yang Anda iklankan telah terjual.
Keuntungan Menggunakan Facebook Marketplace
Untuk para penjual, setidaknya terdapat keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan Facebook Marketplace. Terlebih lagi, Facebook Marketplace menawarkan kemudahan untuk meningkatkan jangkauan produk atau brand.
Berikut dua keuntungan utama menggunakan Facebook bagi penjual:
- Meningkatkan jangkauan
Tidak dapat dipungkiri, inilah keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan saat menggunakan Facebook Marketplace. Penjual di Marketplace dapat meningkatkan jangkauan produknya di sini.
- Memberikan pengalaman berbeda pada pelanggan
Facebook Marketplace dapat menampilkan produk yang relevan dengan konsumen. Membantu bisnis Anda menemukan pelanggan yang tepat. Hal ini akan memastikan bahwa produk Anda akan ditemukan oleh orang yang tepat. Yang pada akhirnya akan meningkatkan peluang dari sebuah interaksi, kemudian mengarah pada aksi pembelian.
Bagi penjual maupun pembeli, tentu saja ini adalah kabar yang positif. Semuanya telah difasilitasi.
Tips Beriklan di Facebook Marketplace
Agar iklan yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik, kami punya sedikit tips berguna untuk Anda.
- Produk atau jasa
Setidaknya terdapat tiga pilihan produk yang bisa Anda iklankan di Facebook Marketplace. Antara lain: item untuk dijual, kendaraan untuk dijual atau disewakan, dan rumah untuk dijual atau disewakan.
- Foto produk
Kemudian mengeai foto produk. Usahakan foto produk Anda memiliki lebih dari satu sudut pandang. Sehingga dalam sekali posting iklan, Anda bisa mencantumka beberapa foto sekaligus. Gunakan foto produk real pict.
- Harga
Untuk harga, tuliskan harga yang sebenar-benarnya. Mengambil untung boleh saja, tetapi perhatikan juga nilai barang yang Anda jual sepadan dengan harga yang ditawarkan.
- Lokasi
Anda bisa menentukan lokasi mana yang ingin dijangkau. Sebagai awalan, usahakan jangan terlalu jauh dari di mana target pasar Anda berada.
Beriklan di Facebook Marketplace sangat mudah dilakukan. Bahkan oleh pemula sekalipun. Semoga artikel ini dapat memberikan waawasan baru bagi Anda tentang cara beriklan di Facebook Marketplace dengan gratis.
Ingin Membuat Iklan Facebook Yang Lebih Powerful ? Gunakan Facebook Ads Berbayar
Sejak lama Facebook memiliki palatform periklanan yang difungsikan sebagai fasilitas untuk pebisnis online untuk memproosika produk melalui media sosial Facebook. Facebook Ads namanya. Facebook Advertising atau Facebook Ads hampir serupa dengan Google Ads. Sebagai pengguna, Anda juga bisa memilih sendiri siapa audiens yang ditarget ketika beriklan di Facebook Ads.
Hanya saja yang membedakan adalah, jangkauan iklan yang tampil di Facebook tidak seluas media iklan yang tampil di Google. Iklan Google bisa muncul di mana saja, di website apa saja. Sedangkan iklan Facebook hanya muncul di Facebook saja.
Walaupun begitu, hingga saat ini Facebook Ads masih menjadi pilihan bagi para pemilik bisnis. Facebook, masih dipandang lebih efektif untuk merebut pasar dan mendatangkan pelanggan potensial bagi sebuah bisnis.
Mengapa bisa demikian? Hal ini tidak lepas dari basarnya jumlah pengguna aktif Facebook. Facebook memiliki tak kurang dari 2 milyar pengguna aktif setiap bulannya. Dan jumlah pengguna aktif ini selalu meningkat setiap waktu.
Tentu saja ini menjadi peluang besar bagi para pebisnis online untuk menarik calon konsumen potensial dan dapat memaksimalkannya menggunakan Facebook Ads. Jika belum mengetahui cara kerjanya, silakan simak panduan beriklan di Facebook Ads berikut ini.
Persiapan Sebelum Membuat Iklan di Facebook Ads
Membuat Fanpage
Sebenarnya, siapa sih yang bisa menggunakan Facebook Ads? Jawabannya adalah, semua orang yang memiliki akun Facebook berpotensi dapat menggunakan Facebook.
Namun, sebelum bisa menggunakan layanan Facebook Ads, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah bahwa Anda sudah memiliki fanpage atau minimal akun bisnis.
Hindarilah untuk mencampurnya dengan akun personal. Karena hal ini bisa memberikan dampak pada kredibilitas pada bisnis yang sedang Anda jalankan.
Terlebih lagi, jika menggunakan akun personal, Anda juga tidak akan bisa menggunakan fitur Facebook Ads. Karena itu buatlah Fanpage. Fanpage berguna agar Anda bisa mempromosikan produk dari bisnis Anda. Jika fanpage Anda telah siap, pekerjaan selanjutnya adalah menyipakan konten.
Mempersiapkan Konten
Meskipun menggunakan akun berbayar, bukan berarti Anda bisa mengesampingkan kualitas konten. Karena bagaimanapun, Facebook Ads semata-mata sebagai media untuk mendistribusikan konten ke target audiens yang lebih spesifik.Jadi, konten yang Anda bagikan harus dalam kualitas tinggi.
Konten yang bagus adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan sebuah iklan. Karena itu, buatlah konten yang menarik dan informative, sehingga sanggup menarik perhatian audiens bisnis Anda.
Fokuslah pada pembuatan konten yang mendorong terjadinya interaksi. Dengan adanya interaksi seperti komentar, like, dan share, konten Anda akan dianggap memiliki nilai yang tinggi. Karena Facebook akan memprioritaskan postingan yang memiliki banyak engagement.
Menentukan Target Audiens
Lalu, Anda akan diberikan pilihan target audiens. Untuk menentukannya menggunakan beberapa parameter tertentu. Antara lain referensi minat, usia, gender, atau bahkan tingkat ekonomi. Parameter ini akan membantu Anda untuk memaksimalkan iklan ke target audiens yang lebih spesifik.
Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah anggaran iklan. Sebagai layanan berbayar, tentu saja Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk dapat menggunakan layanan ini.
Memilih Jenis Iklan
Dan langkah terakhir adalah memilih jenis iklan yang ingin digunakan. Untuk diketahui, Facebook menyediakan beberapa jenis iklan yang dapat disesuikan dengan kebutuhan pengiklan. Berikut adalah penjelasan tentang jenis iklan Facebook yang harus Anda ketahui:
- Page Post Engagement
Pertama adalah Page Post Engagement. Iklan jenis ini memiliki fungsi untuk menaikkan reputasi atau engagement postingan terkait produk bisnis Anda. Konten yang dapat Anda gunakan dapat berupa teks, video, link website dan landing page yang telah dibuat sebelumnya.
Page Post Engagement memungkinkan pengiklan untuk menyebarluaskan postingan ke pengguna Facebook yang lebih luas. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan engagement akan semakin besar.
- Page Likes
Seperti namanya iklan jenis ini ditujukan untuk memaksimalkan jumlah like fanpage bisnis Anda. tentu dengan banyakya pengguna Facebook yang menyukai fanpage Anda, akan dapat meyakinkan orang untuk semakin banyak yang percaya pada Anda. Hal ini dapat meminimalkan keraguan calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Bahkan yang harus Anda tahu, jumlah like yang banyak dapat membantu fanpage milik Anda muncul di news feed tanpa harus membayar. Cara kerjanya juga cukup mudah.
Ketika ada orang yang memberikan likes pada fanpage Anda, maka secara otomatis aktivitas tersebut akan muncul di news feed teman-temannya. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda bisa menghemat biaya iklan.
- Click to Website
Selanjutnya ada Click to Website. Cara kerjanya hampir mirip dengan page post engagement. Yang membedakannya adalah ,iklan jenis ini berfokus untuk mengarahkan target audiens agar melakukan klik di website tersebut.
Ada tombol call to action yang akan mengajak audiens membukan halaman website yang dimaksud. Makin bagus isi kontennya, peluang menggaaet audiens akan semakin besar.
- Website Conversion
Jenis iklan yang satu ini adalah versi advance dari jenis iklan sebelumnya. Pada website conversion, audiens akan diajak untuk melakukan transaksi di website. Jadi, tak hanya mengunjungi website saja, ada aksi yang diharapkan di sana.
- Event Responses
Jenis iklan selanjutnya adalah event responses. Jenis iklan yang satu ini lebih ditujukan untuk mempromosikan event. Saat menggunakannya, pastikan untuk membuat konten yang menarik, lalu promosikan kepada audiens tertarget.
- App Install/App Engagement
Untuk Anda yang sudah memiliki aplikasi mobile, salah satu jenis iklan Facebook Ads yang bisa digunakan adalah menggunakan app install/engagement. Iklan jenis ini akan mengajak lebih banyak pengunjung untuk mendownload aplikasi bisnis Anda.
Panduan Membuat dan Beriklan di Facebook Ads Untuk Pemula
Untuk memaksimlakn bisnis online Anda di Facebook, berarti Anda harus tahu cara beriklan di Facebook. Berikut ini adalah panduan beriklan di Facebook Ads untuk pemula.
- Login ke Facebook Ads
Pertama adalah login ke Facebook Ads. Untuk masuk ke halaman Facebook Ads, silakan menuju ke sebelah kanan atas profil Facebook Anda. kemudian klik ikon panah dan pilih Create Ads. Anda akan diarahkan ke halaman Facebook Ads Manager.
- Melakukan pengaturan Facebook Ads
Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman form yang berisi pengaturan Facebook Ads. Silakan isi data yang diminta dan ikuti setiap langkah yang ada. Pada tahap ini mulai dilakukan setting iklan. Mulai dari jenis iklan, nama campaign, penentuan target audiens, setting anggaran, hingga mengatur jadwal tampilan iklan.
Jika semua data yang diminta telah selesai, silakan klik Continue. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya dan klik Create New Ads. Kemudian pilih fanpage bisnis Anda. Lalu tentukan format iklan yang digunakan. Jangan lupa untuk mengisi halaman deskripsi iklan. Jika sudah, klik Confirm.
- Mengatur Tagihan Facebook Ads
Jika semua informasi tentang iklan Facebook Ads telah terisi, selanjutnya Anda akan diarahkan masuk ke halaman pembayaran. Pada halaman ini, Anda bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan yang diinginkan.
Facebook Ads adalah platform iklan digital yang sangat powerful. Dengan panduan beriklan di Facebook Ads, kami berharap dapat memberikan wawasan cara promosi baru untuk Anda.
Kesimpulan
Itulah beberapa cara untuk melakukan iklan di Facebook secara gratis hingga yang berbayar . Selain melakukan iklan di Facebook, Anda juga harus membuat toko online sendiri untuk menunjang kesuksesan bisnis. Jika bingung dan memerlukan bantuan, silahkan bisa kontak kami untuk pesan jasa facebook ads profesional